berusaha dengan akal sehat


Mengapa harus dengan akal sehat …? Kenapa sering kali kita terjebak oleh hal-hal yang tidak selaras dengan kaal sehat kita. Misalnya saja pertanyaan-pertanyan yang sering menggoda pikiran kita, mengapa kita harus harus susah-sudah kalautakdir kita sudah ditentukan..? berusaha sekeras apapun kalau alloh tidak menghendaki ya ngak mungkin berhasil..! Sehingga banyak orang yang melakukan jalan pintas dengan cara melakukan ritual-ritual, mantra-mantra , pergi ke dukun, para normal yang semua itu akan membelenggu akal pikiran kita.

Banyak orang yang tidak mau menggunakan akal sehatnya. Padahal hanya dengan akal sehatlah manusia dapat menerapkan dan menetapkan mana jalan yang baik dan mana jalan  yang buruk. Dan hanya akallah yang dapat mengambil pelajaran  sehingga dalam hal ini kita harus selalu mengasah dan melatih akal kita, agar `dalam menggunakan akal kita ini benar-benar` dapat menggunakan akal yang murni atau akal sehat, sehingga akal kita dapat memahami sesuatu, dan tidak terjadi kerancuan dalam berfikir kita.

Dalam kehidupan ini ada suatu hukum alam atau hukum sebab akibat atau yang di sebut dengan sunnatulloh.

Air akan mengalir dari tempat yang tinggi mennuju ke tempat yang rendah. Benda pasti akan jatuh dari atas ke bawah, tanaman pepohonan akan tumbbuh secara alamiah …. Demikian juga orang yang bebrbuat jahat akan mendapat balasan dari kejahatannya. Orang yang mau menggunakan akalnya dan bekerja keras akan mendapatkan hasil yang baik. Orang yang  malas tidak akan pernah mendapatkan apa-apa….begitulah sunnatulloh, yaitu hukum-hukum  Alloh yang tidak pernah berubah sejak dulu dan tidak akan pernah berubaha sampai nanti.

Dengan tidak akan berubahnya sunnatulloh atau hukum alam sampai kapanpun, manusia mempunyai kebebasan dan kepastian dari apa yang manusia lakukan dan rencanakan. Kita bisa melakukan perencanaan dan hitung-hitungan dalam membuat pesawat ternbang, kita bisa mengalkulasi perhitungan dalam bisnis, merencanakan cara bagaimana menjadi cepat kaya, merencanakan masa depan, termasuk juga merencanakan bagaimana bisa masuk surga.

Dengan jaminan kepastian dari alloh bahwa tidak akan ada perubahan pada hukum-hukum   alam atau sunnatulloh ini. Menunjukan bahwa segala sesuatu yang berhubungan dengan sunnatulloh adalah sesuatu yang memerdekakan atau membebaskan akal pikiran kita dalam mencari karunianya secara rasional. Dan rasionalitas ini akan menghasilkan suatu keseimbangan.

Keseimbangan alam semesta ini telah ditetapkan oleh alloh untuk semua peristiwa termasuk di dalam diri manusia dalam nilai-nilai perbuatan atau aklhak. Sehingga kita harus selalu menciptakan keseimbangan baik terhapad alam semesta maupun terhapad nilai-nilai perbuatan diri kita, dan kita tidak akan mungkin bisa melawan arus.

Demikianlah alloh sudah menetapkan sunnatulloh itu secara pasti, sehingga sudah tidak ada kerguan lagi bahwa kita harus selalu bisa untuk rasional yaitu menggunakan akal kita .

Banyak sekali alloh menerangkan bahwasanya dalam menjalankan dan memahami agama dengan baik haruslah menggunakan akal secara optimal. Orang-orang yang tidak menggunakan kecerdasan akal pikirannya akan sulit mendapatkan pelajaran-pelajaran dari ayat alloh.

“sesungguuhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal” (QS. Ali imran(3):90)


“yaitu orang-orang yang mengingat( merasakan dengan hati kehadiran) Alloh sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirka  (takafur dengan otak)tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata) : yaa tuhan kami tiadalah engkau menciptakan semua ini dengan sia-sia . maha suci  engkau, maka peliharalqhh kqmi dari siksa neraka.”(QS. Ali  imran(3):191

Description: berusaha dengan akal sehat, Rating: 4.5, Reviewer: dedot helmet, ItemReviewed: berusaha dengan akal sehat

0 komentar:

Post a Comment

buat rekan-rekan yang ingin berkomentar dan ingin memberikan saran serta kritik terhadap blog saya..bisa langsung menaruh komentar di kolom di bawah ini. saya tidak menggunakan veritifikasi kata dan terbuka buat umum..

Powered by Blogger.