bekerja keras dan bekerja cerdas


Dari semua usaha yang kita dilakukan, prosentase terbesar  untuk mencapai kesuksesan adalah bekerja keras dan cerdas. Dan hal ini dilakukan oleh semua orang yang sukses. Syarat diterimanya suatu doa adalah seberapa besar usaha kita. Do’a memang harus disertai usaha yang optimal. Pertolongan alloh baru akan datang tatkala kita telah melakukan usaha yang optimal. “ikatlah untamu terlebih dahulu, lalu berserah diri kepada alloh.”

Alloh akan membalas setiap orang sesuai dengan amalannya atau usahanya. Apabila usahanya optimal atau benar, maka Alloh akan membalas dengan ganjaran atau kenikmatan yang besar pula. Dan jangan menganggap bahwa  ganjaran dari alloh itu masih lama “Alloh maha cepat perhitungannya” Alloh tidak perlu waktu untuk menyelesaikan sesuatu.

Alloh tidak perlu menanti selesainya suatu pekerjaan untuk mengerjakan pekerjaan yang lain, karena dia tidak terhalangi oleh suatu apapun. Dengan demikian apabila niat kita sudah bulat, tujuan kita sudah jelas, keyakinan akan keberhasilan kita sudah sangat tinggi, otomatis kita akan melakukakannya dengan sungguh-sungguh tanpa mengenal lelah, tidak gampang mengeluh,, karena didepan kita selangkah lagi kebahagiaan telah menanti.

Saya sering mengamati orang-orang yang keras dan sukses itu, bahwasanya dia mempunyai hak untuk beristirahat. Tetapi hak tersebut seringkali tidak diambilnya. Orang seperti itu tidak mesti orang yang serakah yang ingin mengumpulkan harta sebanyak-banyaknya, tetapi orientasinya adalah bagaimana dia mengolah usaha atau perusahaannya agar tetap eksis dan maju, karena yang ada dalam benaknya adalah berpuluh atau beratus karyawan beserta anak istrinya menggantungkan hidupnya pada perusahaan tersebut.

Dan yang sangat disayangkan adalah banyaknya orang-orang yang masih muda yang pemalas, waktunya banyak dibuang begitu saja, makan ,tidur, kesana-kemari tidak ada tujuan yang jelas..banyak omong “nggedabrus” sana sini banyak mencari dalih dan alas an untuk menutupi kemalasannya. Orang pemalas seperti tersebut, kalau gak segera bertaubat!, sampai mati hidupnya akan lontang –lantung, ibarat seperti sampah yang tidak ada gunanya. Bahkan selalu merepotkan orang di sekelilingnya. Orang yang malas tersebut berarti telah membunuh potensi yang ada pada dirinya sendiri.

Disamping kita bekerja keras , kita mesti harus bekerja cerdas, jangan sampai kita kehabisan tenaga sebelum sampai pada tujuan. Dalam bekerja kita harus sistematis, harus menggunakan otak, jangan melimpahkan pekerjaan yang seharusnya menjadi kewajiban kita, dan jangan pula mengerjakan yang semestinya dikerjakan oleh orang lain, atau demuanya kita kerjakan sendiri , kita mesti harus berpikir cerdas.

Untuk bekerja cerdas, pikiran kita harus selalu terbuka sehingga apa saja yang kita lihat, kita dengar, bisa kita ambil pelajaran. Dari setiap apa yang terjadi atau penglaman yang terjadi jangan dibiarkan berlalu saja,haruslah selalu kita pikirkan agar bisa jadi pelajaran. Pengalaman adalah pelajaran yang sangat mahal harganya. Dan hanya dengan akal manusia dapat mengambil pelajaran.

Dalam bekerja tentu saja kita harus tidak boleh melanggar aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh Alloh. Seorang pekerja keras dan cerdas sangatlah berbahaya jika tidak mempunyai keimanan dan ketaqwaan, dia akan menjadi orang yang rakus,licik, serakah dan tidak peduli terhadap orang lain yang menderita. Yang ada dalam pikirannya hanyalah keuntungan.

Kita harus hati-hati, jangan sampai tergoda dan terpancing oleh usaha-usaha yang haram. Hal seperti ini sering menggoda diri kita. Kita harus selalu waspada, sering kali dalam kenyataan sangat mengiurkan,,”dengan mudah akan dapat untung besar, berusaha dengan cara gila pun dilakukannya”. Kita harus tetap teguh dan sabar dalam menghadapi godaan syetan yang terus menggoda hati manusia. Dengan kesabaran dan keteguhan kita tetap di jalan  alloh, kita akan di beri jalan kemudahan oleh Alloh dalam mendapatkan rezeki.

Uuntuk mencapai suatu kebaikan tentu kita harus melakukan sesuatu dengan cara-cara yang baik. Semakin kita bekerja keras, akan ssemakin besar terobosan yang kita capai dan semakin berkualitas kerja keras kita akansemakin berkualitas hasil yang kita capai.

Sebagai keseimbangan untuk mencapai ketenangan dalam berusaha, disamping bekerja keras dan cerdas haruslah di ikuti dengan bekerja ikhlas.
0 Komentar untuk "bekerja keras dan bekerja cerdas"

buat rekan-rekan yang ingin berkomentar dan ingin memberikan saran serta kritik terhadap blog saya..bisa langsung menaruh komentar di kolom di bawah ini. saya tidak menggunakan veritifikasi kata dan terbuka buat umum..